Kamis, 08 Mei 2014

Apa Sih Etiket itu ?





Teman-teman atau pembaca yang berbahagia kembali lagi dalam blog yang sederhana ini, banyak orang yang belum familiar dengan Etiket. Wajar saja, karena sedikitnya literature, publikasi dan informasi yang berbicara mengenai kata yang satu ini. Oleh karena itu penting kita bahas mengenai Etiket agar kita dapat menjadi pribadi yang beretiket pastinya.

Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia diberikan beberapa arti dari kata “etiket”, yaitu:



1.  Etiket (Belanda) secarik kertas yang ditempel pada kemasan barang-barang (dagang) yang bertuliskan nama, isi, dan sebagainya tentang barang itu.

2.  Etiket (Perancis) adat sopan santun atau tata karma yang perlu selalu diperhatikan dalam pergaulan agar hubungan selalu baik.


Pengeretian Etiket dan etika sering dicampuradukkan, padahal kedua istilah tersebut terdapat arti yang berbeda , walaupun ada persamaannya. Istilah etika sebagaimana dijelaskan pada postingan sebelumnya adalah berkaitan dengan moral (mores), sedangkan kata etiket adalah berkaitan dengan nilai sopan santun, tata karma dalam pergaulan formal. Persamaannya adalah mengenai prilaku manusia secara normatif yang etis. Artinya memberikan pedoman atau norma-norma tertentu yaitu bagaimana seharusnya seseorang itu melakukan perbuatan dan tidak melakukan suatu perbuatan. Istilah etiket berasal dari Etiquette (Perancis) yang berarti dari awal suatu kartu undangan yang biasanya dipergunakan semasa raja-raja di Perancis mengadakan oertemuan resmi, pesta dan resepsi untuk kalangan para elite kerajaan atau bangsawan.


Dalam pertemuan tersebut telah ditentukan atau disepakati berbagai peraturan atau tata karma yang harus dipatuhi, seperti cara berpakaian, cara duduk, cara bersalaman, cara berbicara, dan cara bertamu dengan sikap serta prilaku yang penuh sopan santun dalam pergaulan formal atau resmi. Definisi etiket menurut para pakar ada beberapa pengertian, yaitu merupakan kumpulan tata cara dan sikap baik dalam pergaulan antar manusia yang beradab.


Pendapat lain mengatakan bahwa etiket adalah tata aturan sopan santun yang disetujui oleh masyarakat tertentu dan menjadi norma serta panutan dalam bertingkah laku  sebagai anggota masyarakat yang baik dan menyenangkan.


Jadi etiket merupakan suatu tata krama atau tata sopan santun yang menyangkut sikap lahiriah manusia. Sebagai contoh:

1.   Seorang direktur di sebuah perusahaan disebut manusia yang mempunyai etiket. Ini karena ia adalah orang yang disiplin , rapih dalam berpakaian, selalu mengerjakan tugasnya dengan baik, berbicara sopan, murah senyum dan selalu menjaga hubungan baik dengan bawahannya ataupun klien.

2.   Seorang koruptor, mafia kasus, dsb. Menjadi sorotan akhir-akhir ini. Coba kita lihat mereka berjas rapih, senyum dan santun di depan wartawan dan beretorika bagus di pengadilan dan konferensi pers. Bukan koruptornya, karena koruptor sudah jelas dalam pembahasan pasa posting blog sebelumnya suatu hal yang tidak boleh dilakukan, jika dilakukan akan melanggar etika, tetapi disini berkaitan dengan lahiriah dengan maksud tata aturan sopan santun yang disetujui oleh masyarakat. Jadi koruptor tersebut belum tentu mereka tidak mempunyai etiket.



Ini lah sekilas tentang Apa sih itu Etiket, Semoga artikel yang sederhana ini bermanfaat serta dapat menambah pengetahuan kita.







Terima kasih untuk teman-teman atau pembaca berbahagia, yang telah membaca Celoteh Akar Rumput ini. Senyum hangat untuk kita yang ingin baik.




Reference : Hadi Lubis, Satria (2011). Etika Profesi, Tanggerang Selatan.








0 komentar:

Posting Komentar