Jumat, 09 Mei 2014

My Value





Teman-teman atau pembaca yang berbahagia kembali lagi dalam blog yang sederhana ini. Berbicara tentang nilai, yang terpikirkan  dalam benak kita terpaku pada nilai hasil ujian tes, dsb. Eeets tapi tunggu dulu nilai disini berkaitan tentang kaidah kehidupan atau yang menjadi dasar tercerminnya pribadi yang baik dalam bersosial. Langsung aja kita bahas apa itu nilai serta nilai pribadiku… 


A. Pengertian Nilai Secara Umum.


Nilai termasuk dalam pokok bahasan filsafat. Nilai biasa digunakan untuk menunjuk kata benda yang abstrak. Pengertian nilai dapat kita temukan dalam salah satu cabang filsafat, yaitu aksiologi (filsafat nilai). Nilai dijadikan landasan, alasan, atau motivasi dalam bersikap dan bertingkah laku, baik disadari maupun tidak. Nilai dapat juga diartikan sesuatu yang berharga, bermutu, menunjukkan kualitas, dan berguna bagi manusia. Sesuatu itu bernilai berarti sesuatu itu berharga atau berguna bagi kehidupan manusia.


A. Pengertian Nilai Menurut Para Ahli.


Kimball Young

Mengemukakan nilai social adalah asumsi yang abstrak dan sering tidak disadari tentang apa yang dianggap penting dalam masyarakat.

A.W.Green

Nilai Sosial adalah kesadaran yang secara relative berlangsung disertai emosi terhadap objek.

M.Z.Lawang

Menyatakan nilai adalah gambaran mengenai apa yang diinginkan, yang pantas, berharga, dan dapat mempengaruhi perilaku sosial dari orang yang bernilai tersebut.

Hendropuspito

Menyatakan nilai sosial adalah segala sesuatu yang dihargai masyarakat karena mempunyai daya guna fungsional bagi perkembangan kehidupan manusia.

Driyarkara (1966:38)

Nilai adalah hakekat suatu hal, yang menyebabkan hal itu pantas dikejar oleh manusia.

Woods
Mengemukakan bahwa nilai sosial merupakan petunjuk umum yang telah berlangsung lama serta mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari.

John Dewey

Value is any object of social interest.

Fraenkel (1977:6)

Nilai adalah ide atau konsep yang bersifat abstrak tentang apa yang dipikirkan seseorang atau dianggap penting oleh sesorang, biasanya mengacu kepada estetika (keindahan), etika pola prilaku dan logika benar salah atau keadilan justice. (Value is any idea, a concept, about what some one think is important in life)

Endang sumantri

Sesuatu yang berharga, yang penting dan berguna serta menyenangkan dalam kehidupan manusia yang dipengaruhi pengtahuan dan sikap yang ada pada diri atau hati nurani.

Kosasih Jahiri

Tuntunan mengenai apa yang baik, benar dan adil

M.I Soelaeman

Agama diarahkan pada perintah dan larangan, dorongan dan cegahan, pujian dan kecaman, harapan dan penyelesaian, ukuran baik buruk, benar salah, patut tidak patut, adil tidak adil.

Kuntjaraningrat (1992:26)

Menyebutkan system nilai budaya terdiri dari konsepsi-konsepsi yang hidup dalam alam pikiran sebagian besar keluarga masyarakat, mengenai hal-hal yang harus mereka anggap bernilai dalam hidup.

Darji

Nilai adalah yang berguna bagi kehidupan manusia jasmani dan rohani

Encylopedi Brittanaca 963

Nilai kualitas dari suatu objek yang menyangkut jenis apresiasi atau minat.

(Rokeach, 1973 hal. 5)

“Value is an enduring belief that a specific mode of conduct or end-state of existence is personally or socially preferable to an opposite or converse mode of conduct or end-state of existence.”

(Feather, 1994 hal. 184)

“:Value is a general beliefs about desirable or undesireable ways of behaving and about desirable or undesireable goals or end-states.”

(Schwartz, 1994 hal. 21)

“Value as desireable transsituational goal, varying in importance, that serve as guiding principles in the life of a person or other social entity.”

Lebih lanjut Schwartz juga menjelaskan bahwa nilai adalah

1)    suatu keyakinan,

2)  berkaitan dengan cara bertingkah laku atau tujuan akhir tertentu,

3)    melampaui situasi spesifik,

4) mengarahkan seleksi atau evaluasi terhadap tingkah laku, individu,dan kejadian-kejadian serta

5)    tersusun berdasarkan derajat kepentingannya.


             Berdasarkan beberapa pendapat tersebut, terlihat kesamaan pemahaman tentang nilai, yaitu suatu keyakinan, berhubungan dengan cara bertingkah laku, dan tujuan akhir tertentu. Sesuatu yang kita yakini atau kita anggap mutlak benar adanya. Jadi nilai itu hakikatnya adalah sifat atau kualitas yang melekat pada suatu objek, bukan objek itu sendiri. Hal ini menyebabkan Nilai begitu penting untuk dimiliki setiap pribadi insan.

              Dalam penilaian positif orang lain terhadap diriku cenderung kepada aspek sosial, aku sangat senang akan hal itu. Berikut ini merupakan Nilai Pribadi yang aku miliki:



·    Universalism:

       Mengutamakan penghargaan, toleransi, memahami orang lain, kebersamaan serta yang berkaitan dengan kesejahteraan.

·    Achievement:

      Keberhasilan pribadi terkait dengan apa yang diusahakan, baik oleh pribadi tersebut atau pribadi-pribadi lain seperti: successful, ambitious, capable, influential. Dalam nilai khusus successful ini (kesuksesan) pribadiku tidak lepas dari kebahagiaan orang lain. Aku anggap diriku sukses apabila diri ini sudah dapat membahagiakan orang lain, yaa apapun itu berkaitan dengan sosial.

·    Power

      Pencapaian yang terkait dengan pribadiku termasuk social power, social recognition, authority, dan image public. Tetapi hal ini tidak menyebabkan jemawa, angkuh, dsb. Kebanyakan dari pribadi kita jika suatu pencapaian telah tercapai maksimal maka kita akan cenderung jemawa, angkuh, dsb. Tentu itu bukanlah Nilai yang baik sebagaimana tujuan mencapai pribadi yang baik serta diharapkan orang banyak.

·    Security



      Mengutamakan keamanan baik pribadi, kelompok, keharmonian serta lebih khusus lagi adalah family security, healthy, clean, social order. Dimana keluarga menjadi keutuhan batin pribadiku dan keluarga lah yang selalu berada disampingku baik senang maupun dalam keadaan yang tidak diinginkan.


          Inilah nilai pribadiku yang aku miliki, berusaha menjadi pribadi yang baik agar pemikiran negatif dari orang lain tidak melekat pada diri yang mudah-mudahan baik ini. Inilah diriku... so fell free to comment this post





.*Ayoo tunjukkan dimanakah Scale Color nilai pribadimuu…



Terima kasih untuk teman-teman atau pembaca berbahagia, yang telah membaca Celoteh Akar Rumput ini. Senyum hangat untuk kita yang ingin baik.



Reference : Hadi Lubis, Satria (2011). Etika Profesi, Tanggerang Selatan.

0 komentar:

Posting Komentar